Angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, dan menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang mencatat bahwa terdapat 108 bangunan yang mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut. "Data sementara yang diterima menunjukkan bahwa ada 108 bangunan yang terdampak," ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Pandeglang, Nana Mulyana, dalam keterangannya kepada wartawan pada Selasa, 2 Januari 2024.

 

Puting beliung melanda wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Sabtu (30/12/2023), dan Sekretaris BPBD Kabupaten Pandeglang, Nana Mulyana, menyampaikan bahwa sebanyak 71 unit rumah mengalami kerusakan ringan akibat peristiwa tersebut. "Angin puting beliung ini terjadi pada Sabtu, 30 Desember 2023. Dari data yang ada, terdapat 71 unit rumah yang mengalami kerusakan ringan," ungkap Nana kepada wartawan.

 

Selain itu, terdapat 23 rumah yang mengalami kerusakan sedang, satu bangunan Taman Kanak-Kanak (TK) rusak ringan, 10 ruko rusak sedang, 1 pondok pesantren rusak ringan, dan 1 rumah yang mengalami kerusakan berat akibat angin puting beliung di wilayah Cimanuk dan Jiput. Sekretaris BPBD Kabupaten Pandeglang, Nana Mulyana, menjelaskan bahwa laporan yang dikeluarkan oleh BPBD-PK Pandeglang masih bersifat sementara, dan pihaknya masih menunggu laporan dari kecamatan yang terdampak.

"Saat ini, laporan masih sementara. Kami masih menunggu laporan dari masing-masing kecamatan," ujar Nana.

Diketahui bahwa sebanyak 359 jiwa terdampak oleh angin puting beliung ini. BPBD-PK Pandeglang telah bergerak cepat dengan mendistribusikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak segera setelah peristiwa terjadi.

"Bantuan sembako dari pasca kejadian langsung kita distribusikan ke warga," tambahnya.

Nana juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga menghadapi cuaca ekstrem, yang diprediksi masih akan melanda Kabupaten Pandeglang. Dia menekankan perlunya upaya-upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi risiko dampak dari kondisi cuaca tersebut.